Berita Terbaru:
Home » , » Kinerja SMS Gateway Server, Content Provider, Cellular Operator dan Pelanggan

Kinerja SMS Gateway Server, Content Provider, Cellular Operator dan Pelanggan

2013-11-18 | 0 komentar

Ini buat temen-temen yang mau tau cara kerja Content Provider secara global. penjelasan ini tidah detail tapi membantu temen-temen yang mau perbedaan antara SMS Pull dan SMS Push.
berikut ini adalah diagram yang menggambarkan pihak-pihak y ang terkait dengan layanan informasi berbasis sms. Tampak di gambar yang terlibat ada 4 pihak, yaitu: SMS Gateway Server, Content Provider, Cellular Operator dan Pelanggan


1. Pelanggan. Pelanggan adalah pengguna layanan selular dari operator layanan komunikasi bergerak.
2. Operator Selular. Operator selular adalah penyedia layanan komunikasi bergerak. Operator dapat menggunakan jaringan GSM atau pun CDMA (code division multiple access). Operator selular ini adalah Telkomsel, XLCom, Indosat, Mobile-8, Bakri Telecom, dll.
3. SMS Gateway Server. SMS Gateway Server adalah sebuah server yang menjembatani komunikasi data dari operator selular ke Content Provider. SMS Gateway Server memiliki hubungan dengan semua operator selular dan memiliki nomer akses khusus yang biasanya memiliki 4 digit angka.
4. Content Provider. Content Provider adalah sebuah server yang menyimpan dan menyediakan data/informasi dari dan untuk pelanggan.

Gambar 2 di bawah ini memperlihatkan alur data dari pelanggan ke semua komponen yang terlibat yang kemudian memberikan jawaban kembali ke pelanggan. Gambar 2 ini menggambarkan contoh salah satu layanan SMS, yaitu Layanan Pull.


Berdasarkan arus data, layanan SMS dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu Layanan Pull dan Layanan Push.
1. Layanan Pull
Layanan Pull adalah layanan SMS yang dimulai oleh pelanggan. Dalam hal ini pelanggan mengirimkan sebuah SMS request dengan nomer singkat untuk memperoleh informasi tertentu yang diinginkannya. Gambar 2 di atas menggambarkan aliran data untuk layanan Pull ini.
(1) Tampak bahwa pelanggan mengirimkan sebuah pesan singkat SMS untuk meminta informasi dengan menggunakan nomer singkat ke Operator Selular dengan sintaks khusus. (2) Kemudian operator mengenali permintaan dari pelanggan dengan nomer singkat dan isi sms dengan sintaks khusus tersebut dan meneruskan ke Gateway Server yang sesuai. (3) Gateway server mengenali header dalam SMS dan kemudian mengirimkannya ke Content Provider Server yang sesuai lewat jaringan internet.
(4) Selanjutnya Content Provider menerima pesan SMS dan memproses pesan dan memberikan jawaban yang sesuai dengan permintaan dalam format tertentu. (5) Jawaban dari Content Provider diberikan ke Gateway Server. (6) Saat menerima jawaban, Gateway memperbaharui status pesan di tabel log-nya. (7) Selanjutnya jawaban tadi diteruskan oleh Gateway ke operator selular yang bersangkutan. (8) Operator selular meneruskan jawaban ke pelanggan yang sesuai.


2. Layanan Push
Berbeda dengan Layanan Pull yang dimulai dengan SMS permintaan dari pelanggan, maka layanan Push dimulai dari CP (Content Provider). Gambar 2a memperlihatkan aliran data dari layanan Push ini.


Layanan Push ini digunakan untuk menyebarkan suatu berita atau informasi kepada pelanggan selular yang telah meregistrasikan diri ke server Gateway. Informasi yang dikirimkan hanya akan dikirimkan kepada pelanggan selular yang telah meregistrasikan diri ke server Gateway sehingga agar dapat memperoleh berita atau informasi dari CP, seorang pelanggan selular harus mendaftarkan diri. Sedangkan CP hanya mengirimkan request dengan format tertentu ke Gateway Server. Setelah itu Gateway akan meneruskan pesan tersebut ke operator selular dan operator selular akan mengirimkan pesan tersebut ke semua pelanggan selular yang telah meregistrasikan diri.

Layanan Push ini cocok untuk membuat layanan seperti langganan berita atau pesan-pesan khusus lainnya. Untuk berlangganan SMS berita, pelanggan selular perlu meregistrasikan diri kepada CP dari layanan tersebut dengan mengirimkan pesan REG (Register) ke CP. Sedangkan jika pelanggan ingin menghentikan langganan layanan, maka pelanggan perlu melakukan proses keluar dari berlangganan dengan mengirim pesan UNREG (Unregister).

nah..itu tadi sekilas tentang kinerja SMS Gateway, content provider, cellular operator dan pelanggan yang bekerja dalam SMS Counter Provider, semoga bermanfaat ya teman - teman...

GOOD LUCK :)
Like dan bagikan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Satu Cerita Untuk Semua™ - All Rights Reserved