Berita Terbaru:
Home » » Tidur Yang Sehat

Tidur Yang Sehat

2013-01-20 | 0 komentar

TIDUR PALING SEHAT DI GELAP TV MATI DAN TIDAK SAMBIL DENGAR MUSIK

TIDUR termasuk salah satu kebutuhan alami manusia. dengan tidur yang berkualitas,metabolitas tubuh pun tertata kembali. seseorang juga memiliki kesempatan untuk melakukan regenerasi dan mengganti sel - sel tubuh yang mati.

 
Salah satu cara mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas adalah dengan memadamkan lampu d waktu tidur normal yang oleh pakar kesehatan tidur normal tersebut jam 9 malam hingga 8 pagi, demi mendapatkan hormon melatonim secara maksimal.

Hormon melatonim adalah zat yang di hasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak yang bentuknya dipicu oleh gelap dan dan berfungsi mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur.

Manfaat lain melatonim adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air. meningkatkan imun tubuh menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan. jadi, kalau tidur dengn lampu di matikan bisa memaksimalkan produksi melatonim.

Kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik, atau menonton televisi sampai tertidur, atau membiarkan lampu di ruangan menyala terang, memang sulit di hilangkan  dan menurut sebagian orang kondisi seperti itu membuat mereka menjadi lebih cepat tertidur. ttapi setelah penelitian dilakukan dalam masalah ini kenyataan justru di temukan bahwa etelah terbangun orang - orang tersebut merasa lebih tegang ( stres). bahkan ada yang merasa tidak tidur semalaman. 
 
Tidur sambil sambl mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peraltan tersebut tetap di terima oleh indra pendengaran dan penglihatan.
 
Apabila hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut otak. otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. jadi jangan biarkan otak kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangkan di siang hari juga akan di peras oleh segala macam aktivitas rutin dan yang lainnya.

Like dan bagikan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Satu Cerita Untuk Semua™ - All Rights Reserved