Berita Terbaru:
Home » , » System registrasi member warnet via SMS

System registrasi member warnet via SMS

2013-11-18 | 0 komentar

Setelah beberapa waktu kemaren mencoba belajar gammu SMS Gateway yang ternyata tidak serumit yang dibayangkan ;)
Kemudian terbesit keinginan untuk membuat aplikasi berbasis SMS untuk registrasi member warnet..... (nama warnetku :-D)
Awalnya agak bingung dengan system billingnya yang tidak menggunakan SQL database, dalam kasus ini saya memakai Billing Explorer yang setelah googling nemu info mengenai database yang digunakan yaitu Ms Access atau .mdb

Sejak awal warnet berdiri, komputer billing ini sekligus saya jadikan web server untuk sarana promosi. Pada halaman (homepage) disetiap browser klien warnet saya set default kearah billing, jadi setiap klien membuka browser, maka halaman default yang ditampilkan adalah web lokal (komputer billing) yang isinya promosi, info terkini dan beberapa tutorial dasar2 internet.

Membuat virtual server
Karena default homepage dari browser klien warnet saya set ke web server lokal (komputer billing) dan instalasi billing berada di C:\Program Files\BillingExplorer dan saya tidak ingin sarana promosi hilang gara-gara aplikasi ini, maka perlu dibuatkan virtual server. Dimana dokumen (htdocs atau www) saya arahkan ke C:\Program Files\BillingExplorer dan dapat diakses dengan alamat tertentu misal disini http://member.achnet.web.id/
Alamat http://member.achnet.web.id/ juga saya gunakan sebagai administrasi pendaftaran (aktivasi, refill, ganti password dll).

Saya googling lagi tentang php & Ms. Access (mdb), setelah cukup info yang saya butuhkan, langsung saja coding script php untuk mengolah SMS masuk, melakukan operasi database billing warnetnya. Setelah jadi, saatnya melakukan test registrasi, dan akhirnya berhasil dengan baik :-D

Cara kerjanya
Calon member mengetikkan perintah lewat SMS dengan format yang telah saya tentukan dan mengirimkan ke nomor SMS gateway.
Contoh: REG .....#kode member#nama#alamat#username#password
Perintah tersebut akan diterima SMS Gateway dan diproses oleh script php. Dalam script ini terjadi pengecekan username dan nomor HP calon member ke database billing, jika username atau nomor HP sudah terdaftar maka registrasi gagal, dan user akan mendapatkan autoreply berisi keterangan (gagal, sukses).

Kemudian setelah lolos pengecekan, data SMS langsung dimasukkan ke 2 database (database billing (mdb) dan database member (sql)). Data SMS yang asli yang sudah dipecah langsung disukkan ke database member di sql. Untuk yang dimasukkan kedalam database billing (mdb) saya modif passwordnya dengan password random agar calon member tidak bisa login menggunakan passwordnya.

Setelah user terdaftar, user tidak akan bisa login sebelum melakukan pembayaran dan aktivasi sesuai paket yang diambil. Peran Operator jaga disini cuma melakukan aktivasi member dan melakukan isi ulang pada web interface (http://member.achnet.web.id/).
Proses aktivasi disini sebenarnya cuma mengganti password di database billing yang tadi di isi random dan menggantikannya dengan asli yang diambil dari data password (asli) yang tersimpan pada database sql.

Untuk proses isi ulang, edit data dan lain sebagainya tinggal membikin sendiri sesuai kenginan & kebutuhan.
Berikut ini adalah beberapa menu yang sudah saya buat dan berjalan lancar.

DAFTAR PERINTAH SMS
REG ACHNET#kode member#nama#alamat#username#password
(pendaftaran member)
ACHNET PWD#username#password lama#password baru
(mengganti password)
ACHNET SALDO
(Mengecek saldo & masa aktif member)
ACHNET PAKET
(Mengetahui paket member yang disediakan)
ACHNET FORMAT
(info format sms registrasi member)
ACHNET MENU
(Menu SMS yang tersedia)
ACHNET PASSWORD
(info format sms ganti password)

Demikian beberapa gambaran dan alur data dari system registrasi member warnet dengan SMS ini, bagi yang kepengen silahkan membuat sendiri aplikasinya :-D
Jika banyak tanggapan, mungkin saya akan menjelaskan lebih rinci tentang alur datanya di blog ini :-D

thanks....

Like dan bagikan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Satu Cerita Untuk Semua™ - All Rights Reserved